Tips Mobil

Bearing Mobil Rusak Gejalanya Suara Gemuruh di Ban

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 14 Sep 2016 12:16 WIB
tips mobil
<i>Bearing</i> Mobil Rusak Gejalanya Suara Gemuruh di Ban
Bearing atau laher roda rusak bikin berkendara tidak nyaman. Youtube

Metrotvnews.com, Jakarta: Kondisi kaki-kaki presisi, adalah wajib jika ingin berkendara dalam kondisi yang nyaman. Lantaran bagian ini punya peran besar dalam meredam guncangan saat mobil berjalan, terlebih di jalan yang jelek.

Untuk itu penting mengetahui kondisi bearing roda (laher) yang berfungsi sebagai bantalan roda (ban) agar roda dapat berputar dengan lancar. Apabila komponen tersebut rusak, maka akan ditandai dengan suara gemuruh dari ban.

"Biasanya roda bagian depan yang sering cepat rusak. Pemakaian ban dan pelek besar salah satu penyebabnya, apalagi jika sering melewati jalan jelek/berlubang,” beber Fahmi pemilik bengkel mobil Fahmi Jaya Motor di Bekasi Timur.

Akibat rusaknya komponen tersebut bakal membuat setir speleng, jarak bebas setir terlalu panjang, dan saat melewati jalan rusak/berlubang terdengar bunyi gludak-gluduk. Bearing yang sudah aus/rusak juga membuat ban menjadi oblak, dan dapat dipastikan perlu segera diganti, sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah atau mengenai komponen lainnya.

Untuk membongkar bagian ini, memang tidak mudah. Karena jika cara pasangnya tidak presisi, maka akan membuat posisi pasang roda tak seperti semula. Tapi kalau sudah terbiasa membongkar bagian ini, cukup membuka baut roda dan baut penutup bearing ragam lapisan. Pada beberapa mobil, terdapat baut penahan khusus bearing yang harus dibuka setelah melepas penutupnya.

Terdapat beberapa bearing, di bagian ini. Ada bearing dalam dan luar, jangan sampai tertukar, karena dimensinya akan berbeda. Memasangnya juga tidak perlu buru-buru, karena bagian ini butuh tingkat presisi tinggi. Pasang sesuai urutan kemudian juga lengkap dengan seal penahan agar kedap air. Jika semuanya sudah terpasang berikut pemberian grease, penting untuk melakukan pengecekan selama beberapa waktu. Ini penting untuk memastikan kondisi pemasangan bearing tersebut tepat.


(UDA)