Perawatan Mobil

Cegah As Rack Steer Rusak, Rutin Cek Karet Boot

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 06 Oct 2016 11:31 WIB
tips mobil
Cegah As Rack Steer Rusak, Rutin Cek Karet <i>Boot</i>
Boot steer rusak sebabkan kerusakan komponen mobil yang lain. MTVN/M. Bagus Rachmanto

Metrotvnews.com, Jakarta: Menghadapi datangnya musim hujan, pemilik mobil sebaiknya melakukan pengecekan beberapa komponen yang perlu dijaga dari ancaman air. Salah satu bagian yang harus diperiksa dan mendapat perhatian adalah karet boot steer.

Komponen yang satu ini berfungsi melindungi atau membungkus as rack steer dari kotoran dan air yang masuk. Letak as rack steer yang terdapat di bagian bawah (kolong) mobil sangat mudah untuk kemasukan air atau kotoran. Ini bisa mengakibatkan as rack steer berkarat, sil bocor, hingga as tergores.

As rack steer

Karat dan goresan akan menyebabkan kebocoran oli power steering sehingga kerja pompa power steering tidak maksimal dan akan mengakibatkan kerusakan dalam jangka waktu tertentu. Mencegah lebih baik dari pada memperbaiki. Maka yang perlu diperhatikan adalah memeriksa karet boot steer di mobil anda.

Pastikan kondisi boot steer dalam keadaan baik karena usia pakai mempengaruhi kondisi boot steer. Jika kondisi karet boot steer dalam keadaan sobek atau rusak segera ganti dengan yang baru. Karena berfungsi untuk melindungi as rack steer dari kemasukan air dan kotoran.

"Paling tidak setahun sekali periksa karet boot steer karena usia pakai akan mempengaruhi kondisinya dan segera ganti apabila rusak sebelum merembet ke yang lain," saran Fahmy mekanik yang juga pemilik Fahmy Jaya Motor di bilangan Bekasi, Jawa Barat.

Menurut Fahmy, selama musim hujan bengkelnya lebih sering memperbaiki mobil yang mengalami kerusakan karena as rack steer berkarat atau tergores, boot steer yang sudah sobek/rusak.


(UDA)