Tips Perawatan Mobil

Trik Membuat Ruang Mesin Mengkilap

Ekawan Raharja    •    Kamis, 24 Jan 2019 12:10 WIB
tips mobiltips knowledge
Trik Membuat Ruang Mesin Mengkilap
Jangan biarkan air terkena komponen yang terkait kelistrikan ketika membersihkan ruang mesin. Medcom.id/Ekawan Raharja

Jakarta: Salah satu hal yang bisa dilakukan untuk membuat awet mesin adalah dengan membersihkan ruang mesin. Tentu saja kondisi ruang mesin yang bersih bisa menghindarkan berbagai komponen mesin dari kerusakan seperti karatan, kerak, atau debu-debu yang bisa masuk ke dalam mesin.

Membersihkan ruang mesin mobil agar tetap kinclong dan bersih dibutuhkan kehati-hatian dan ketepatan. Di dalam ruang mesin mobil ada beberapa komponen-komponen yang tidak boleh terkena air seperti kabel, aki, hingga berbagai sensor.

Laman resmi Suzuki memberikan tips untuk membersihkan ruang mesin dengan cara membungkus bagian elektrik dengan plastik. Caranya yaitu membungkus perangkat elektrik yang ada pada mesin supaya tidak kemasukan air ketika dibersihkan.



Namun perlu diingat saat membersihkan ruang mesin mobil sistem kelistrikan dalam mobil harus keadaan mati. Komponen yang sensitif dengan air ditutup dengan alumunium foil atau apa saja asalkan perangkat elektrik di dalam mesin aman dari air.

Selanjutnya bisa menggunakan engine degreaser. Anda bisa menggunakan spray agar air tidak mengucur terlalu deras atau terciprat kemana-mana.

Sambil menyemprotkan air ke ruang mesin mobil, lap dengan sedikit tekanan pada bagian-bagian yang terkena noda yang membandel. Jika masih terdapat noda bisa menggunakan sikat dan menambahkan sabun colek agar ruang mesin mobil bersih dan kinclong. Perhatikan ketika membersihkan dan tetap berhati-hati agar sabun tidak merembes ke sistem kelistrikan mobil kesayangan.

Nah, itulah tips bikin ruang mesin mobil Anda kinclong. Bersihkan ruang mesin mobil Anda dengan rajin. Supaya mesin mobil tetap bersih dan kinclong.


(UDA)