Tips Knowledge

Kenali Mobil Sendiri Agar Tak Bingung Atasi Masalah Sepele

Ahmad Garuda    •    Senin, 10 Jul 2017 19:50 WIB
tips knowledge
Kenali Mobil Sendiri Agar Tak Bingung Atasi Masalah Sepele
Kenali mobil Anda, agar bisa mengatasi masalah sepele sendiri. MTVN/Ekawan Raharja

Metrotvnews.com, Jakarta: Punya serentetan mobil mewah, bukan berarti orang tersebut hobi dalam dunia otomotif. Sangat sering dijumpai mobil bermasalah dan harus menepi di bahu jalan tol atau pun di jalan perkampungan hanya karena masalah sepele seperti ban bocor dan tak tahu posisi ban cadangan serta perkakas kunci roda.

Hal ini menjadi perhatian khusus bagi Pendiri sekaligus Instruktur Rifat Drive Labs, Rifat Sungkar. Menurutnya ini adalah hal-hal sepele yang harusnya wajib diketahui para pemilik mobil. Lantaran ini berguna untuk menyelesaikan masalah jika terjadi hal-hal kecil seperti ban bocor atau wiper habis, aki mobil soak dan lain sebagainya.

Posisi ban cadangan wajib tahu berikut dengan perkakas untuk mengganti ban

"Saya sebenarnya juga agak bingung melihat mereka yang tak ingin ambil pusing dengan kendaraan sendiri. Minimal kita tahu dan mengenali hal-hal kecil di mobil sendiri agar jika terjadi masalah dalam perjalanan masih sanggup memperbaikinya dengan cepat tanpa harus memanggil servis dari bengkel resmi," ujar Rifat.

Ia melanjutkan bahwa hal kecil dan menurutnya sepele yang patut diketahui adalah mengetahui posisi ban cadangan mobil. Kemudian perkakas untuk membongkar dan memasang ban cadangan.

"Jangan lupa juga, melakukan penggantian ban sendiri di tepi jalan seperti jalan tol, tidak sembarangan. Anda wajib dalam posisi yang aman, dan meletakkan segitiga pengaman beberapa meter dari posisi mobil berhenti. Sehingga saat melakukan penggantian ban, pengendara lain tahu," klaim Rifat.

Bukan hanya tentang penggantian ban saja, namun beberapa hal lain seperti yang telah disebut di atas juga penting. MIsalnya air wiper habis, bagaimana cara mengisinya, di mana posisi tangki air wiper, cara menyetel semprotan air wiper dan lainnya. Tentunya ini bukan masalah besar, tapi jika tak diketahui, maka ini akan sangat menyusahkan.


(UDA)