Tips Rem

Jangan Tunggu Sampai Blong, Rutin Cek Sistem Rem

M. Bagus Rachmanto    •    Senin, 29 May 2017 11:54 WIB
tips knowledge
Jangan Tunggu Sampai Blong, Rutin Cek Sistem Rem
Cek berkala rem mobil mencegah blong saat berkendara. Aa1car

Metrotvnews.com, Jakarta: Belum lama ini kita dihebohkan dengan berita kecelakaan yang banyak menelan korban jiwa. Penyebabnya tak lain adalah rem mobil yang blong alias tidak pakem.

Menurut Toha, mekanik yang praktik di bengkel mobil Pitstop di Jakarta Timur, rem menjadi salah satu fitur penting di setiap transportasi. Termasuk mobil. Makanya penting untuk menjaga komponen yang satu ini agar selalu dalam kondisi prima.

Jika lalai menjaga kondisi fitur tersebut, masalah yang biasa timbul adalah rem jadi tidak pakem. Setidaknya ada dua penyebab problem itu bisa muncul.

"Pertama adalah master rem yang sudah rusak karena karet sil bocor. Alhasil minyak rem tidak maksimal menekan piston kaliper. Selain itu, bisa disebabkan oleh penggunaan kampas rem dengan kualitas rendah dan yang terlalu banyak kandungan metal. Situasi itu berbahaya untuk cakram atau piringan rem. Pasalnya cakram menjadi lebih cepat terkikis dan bisa bergelombang," ucap Toha.

Agar rem tidak blong, Anda disarankan rutin memeriksa kondisi minyak rem. Jika volume berkurang mungkin karena kampas rem mulai menipis atau terjadi kebocoran cairan di sistem rem.

"Jika berhadapan dengan masalah kebocoran rem, sebaiknya Anda memeriksa kondisi di sekitar tabung minyak rem dan master rem. Buka tutup tabung minyak rem, lihat volume dan kondisinya," tutup Toha.


(UDA)