Tips Knowledge

Cara Mudah Poles Mobil di Rumah

M. Bagus Rachmanto    •    Sabtu, 09 Sep 2017 14:00 WIB
perawatan kendaraan
Cara Mudah Poles Mobil di Rumah
Manfaatkan weekend dengan kegiatan poles mobil rumah. MTVN

Metrotvnews.com, Jakarta: Memanfaatkan libur akhir pekan tidak harus selalu dengan pergi jalan-jalan atau liburan keluar kota. Tidak ada salahnya weekend ini dijadikan momen untuk memanjakan mobil, yang kesehariannya dipakai untuk beraktivitas. Salah satunya melakukan kegiatan memoles sendiri mobil kesayangaan.

Marcello, pemilik bengkel poles Details Auto Jakarta, menjelaskan bahwa kegiatan memoles kendaraan bisa dilakukan sendiri di rumah. Kegiatan poles di rumah bisa membuat mobil tampak bersih dan kinclong, namun tidak bisa menghilangkan baret-baret yang parah.

"Poles rumahan tidak bisa menghilangkan baret yang berat, tetapi cara ini bisa untuk mengkilapkan kendaraan. Jika kendaraan Anda banyak baretnya, lebih aman dibawa ke salon poles," ujar Marcello kepada Metrotvnews.com, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Sebelum melakukan poles mobil, Marcello memperingatkan beberapa hal, salah satunya mengenai warna mobil. Untuk cat berwarna hitam dianjurkan agar lebih hati-hati karena rentan akan baret. Agar mendapatkan hasil yang maksimal, diperlukan trik atau cara memoles kendaraan dengan benar. Berikut cara memoles kendaraan dengan benar:

1. Pastikan kendaraan anda dalam kondisi bersih tidak ada kotoran yang menempel. Jika kondisinya kotor, sebaiknya dicuci terlebih dahulu dengan sabun khusus untuk mobil.

2. Persiapan alat poles poles, seperti obat poles dan busa khusus, dan parkirkan kendaraan di tempat yang tertutup agar kendaraan tidak terkena kotoran kembali.

3. Gunakan produk poles yang ada di pasaran. Namun pilihlah obat poles yang sesuai dan anda percaya agar anda tidak menyesal dengan hasilnya.

4. pemolesan dimulai dari bagian body, lalu diteruskan kebagian atas. Kemudian poles dilakukan dari depan dan perlahan menuju kebagian belakang. Hal yang perlu diingat adalah lakukan pemolesan setahap demi setahap.

5. Teknik pemolesan tidak ada yang dapat memastikan yang paling benar yang mana, tetapi biasanya salon mobil menggunakan teknik arah memutar. Anda dapat melakukan teknik ini dan pastikan semua body mobil digosok dengan sempurna.

6. Setelah seluruh bagian dipoles, tunggu sekitar 3 hingga 5 menit agar obat poles meresap dengan sempurna. Kemudian seka permukaan kendaraan anda dengan kain microfiber agar tidak menyebabkan baret pada permukaan cat.

7. Lakukan perawatan rutin, lakukan pemolesan secara teratur tiap dua bulan sekali. Jika mobil terlalu lama tidak di poles, maka kondisinya akan lebih sulit mengkilap dibanding dengan yang rutin dipoles.

Selamat mencoba!


(UDA)