Tips Perawatan

Benda Ini 'Haram' Digunakan saat Mencuci Sarung Tangan Kulit

Ainto Harry Budiawan    •    Senin, 28 Nov 2016 12:50 WIB
perlengkapan berkendara
Benda Ini 'Haram' Digunakan saat Mencuci Sarung Tangan Kulit
Sarung tangan bahan kulit tetap harus dicuci. MTVN/ A. Harry Budiawan

Metrotvnews.com, Jakarta: Tak hanya sepeda motor, perlengkapan berkendara seperti sarung tangan juga harus dirawat dan dijaga tetap bersih. Dengan begitu, sarung tangan akan nyaman saat digunakan karena terbebas dari kuman penyebab penyakit kulit.

Sarung tangan terbuat dari beragam bahan. Ada yang terbuat dari kain dan kulit. Perawatannya berbeda. Sarung tangan yang terbuat dari kain ternyata lebih mudah dicuci dibanding kulit. 

"Sarung tangan kulit boleh dicuci. Tapi jangan pakai sabun. Cukup pakai air dan dikucek," kata Tino Wiryo Taruno, dari Deschino Sport.

Untuk menghilangkan kotoran, sarung tangan berbahan kulit bisa dibersihkan menggunakan sikat yang halus," sambung pengusaha sarung tangan kulit ini.

Proses pengeringan juga tidak boleh asal. "Cukup 'diangin-anginkan' saja. Tapi jangan terkena sinar matahari langsung. Sebab kulit sarung tangan bisa kaku," sarannya.

Perlakuan seperti ini bisa diterapkan untuk berbagai jenis sarung tangan berbahan kulit. Baik itu untuk penggunaan harian atau balap.


(HIL)