Ini Cara Parkir Paralel Mobil Bertransmisi Otomatis

Hilman Haris    •    Kamis, 13 Oct 2016 13:45 WIB
tips otomotif
Ini Cara Parkir Paralel Mobil Bertransmisi Otomatis
Mercedes-Benz ML 250 CDI yang merupakan mobil otomatis kelas diesel SUV

Metrotvnews.com, Jakarta: Mobil bertransmisi otomatis terus menjadi primadona. Buktinya pengguna mobil jenis itu makin terlihat berkeliaraan di ruas-ruas jalan di perkotaan besar di Indonesia. Kemudahan dalam mengoperasikan serta mengendarai menjadi alasan banyak orang mulai melirik mobil jenis itu.

Toh, mengoperasikan mobil otomatis tetap membutuhkan penyesuaian. Terutama bagi pengendara pemula atau yang biasa menggunakan mobil bertransmisi manual. Kebingunan yang kadang ditemui yakni terjadi saat parkir. 

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika ingin memarkir mobil otomatis.  Satu hal yang harus diingat, Anda harus selalu menginjak pedal rem saat berusaha parkir. Dengan begitu, roda mobil benar-benar berhenti. Jika tidak, mobil akan berjalan sendiri. Menginjak rem juga akan mempermudah perpindahahan gigi transmisi dari posisi lain ke posisi "P". 

Selain itu, jangan panik ketika kunci kontak tak bisa Anda lepas. Sebab, di beberapa mobil bertransmisi otomatis, kunci kontak baru bisa dilepas saat tuas ada di posisi "P". Sistem ini diberlakukan agar mobil tidak bergerak ketika pengemudi keluar dari mobil. 

Berdasarkan sistem itu pula, ada perlakuan berbeda ketika Anda ingin parkir secara paralel. Terutama ketika Anda parkir paralel di pusat perbelanjaan atau apartemen yang kerap menghalangi mobil lain.

Agar mobil tetap bisa didorong, Anda harus mentralkan transmisi dengan cara menekan tombol shiftlock. Tentunya langkah itu dilakukan setelah Anda mencabut kunci kontak.

(Baca juga: Jangan Langsung Isi Air Radiator Saat Mesin Overheat)

Tombol shiftlock biasanya ada di dekat tuas transmisi. Ada juga shiftlock berupa lubang kunci kontak yang terletak letaknya di depan tuas transmisi.

Setelah itu, pindahkan tuas transmisi ke posisi "N". Jika semua langkah itu sudah dilakukan, roda mobil masih bisa berputar. Dengan begitu, petugas parkir masih bisa mendorong mobil Anda agar tidak lagi menghalangi kendaraan yang hendak keluar dari lot parkir.


(HIL)