Tips Merawat Mobil

Spion Mobil, Bagian Kecil yang Sering Diacuhkan

M. Bagus Rachmanto    •    Minggu, 10 Sep 2017 16:27 WIB
perawatan kendaraan
Spion Mobil, Bagian Kecil yang Sering Diacuhkan
Kaca spion mobil harus tetap dibersihkan agar dapat digunakan secara maksimal. SoftnewsNET

Metrotvnews.com, Jakarta: Mobil yang bersih tidak hanya nyaman dikendarai, namun sekaligus menjaga komponen mobil agar tetap bekerja maksimal. Bagian-bagian kecil seperti spion mobil juga harus dibersihkan agar bisa digunakan dengan baik saat mengemudi.

Spion yang kotor tentu saja akan mengurangi visibilitas pengemudi. Efeknya cukup berbahaya, karena fungsinya sebagai wadah untuk melihat mobil lain di sekitar mobil jadi berkurang. Kondisi ini membuat pengemudi juga kurang waspada dengan manuver kendaraan lain.

Solusinya jelas membersihkan spion dan merawatnya agar fungsinya tetap bekerja baik adn enak untuk dilihat. Berikut empat cara untuk membersihkan spion seperti dilansir dari Daihatsu.

1. Lekas Bersihkan Spion yang Kotor

Kaca spion yang kotor dapat membuat jamur tumbuh. Hal ini karena spion yang sering di bawah matahari akan membuat kotoran menempel semakin kuat. Jika tidak segera dibersihkan akan mengalami oksidasi dan berubah menjadi jamur.

Kemudian lekas bersihkan spion sehabis di cuci atau terkena air hujan. Sebab air yang dibiarkan mengering sendiri dapat merusak spion lama kelamaan.

2. Jangan Gunakan Pembersih Multiguna

Banyak pemilik mobil yang sembarangan memilih pembersih. Padahal pembersih serba guna banyak mengandung busa dan dapat meninggalkan goresan dan noda.

Pemilik mobil seharusnya memilih cairan pembersih yang khusus untuk membersihkan kaca atau cermin. Kemudian jangan pilih cairan pembersih yang mengandung amonia karena dapat menyebabkan pengeringan dan masalah lainnya.

3. Jangan Langsung Semprotkan Cairan Pembersih ke Spion

Jangan langsung menyemprotkan cairan pembersih ke kaca spion. Seharusnya cairan pembersih disemprotkan ke kain pembersih, dan kemudian baru membersihkan spion. Cara ini membantu menghindarkan spion dari kemungkinan bintik-bintik akibat cairan pembersih yang menguap.

4. Hindari Paparan Sinar Matahari Secara Langsung saat Dibersihkan

Ketika akan membersihkan spion, pindahkan mobil ke tempat yang teduh dan tunggu hingga suhunya turun.
Permukaan spion yang panas dan lalu dibersihkan dengan cairan pembersih akan menyebabkan cairan menguap dengan sangat cepat. Kondisi ini akan meninggalkan bintik-bintik dan garis-garis yang kadang sulit dihilangkan.


(UDA)