Tips Mudik Aman

Hindari Macet saat Mudik, Cek Peta Mudik Metro TV

M. Bagus Rachmanto    •    Jumat, 16 Jun 2017 08:55 WIB
tips mudik
Hindari Macet saat Mudik, Cek Peta Mudik Metro TV
Tips memilih jalur alternatif mudik menggunakan aplikasi Peta Mudik Metro TV. Dok. MI

Metrotvnews.com, Jakarta: Tradisi pulang kampung atau mudik menjadi ritual tahunan yang dilakukan sebagian masyarakat Indonesia menjelang hari raya Idul Fitri. Untuk menuju ke kampung halaman, tidak sedikit yang memilih menggunakan transportasi umum, baik melalui jalur darat, laut maupun udara.

Persoalan klasik yang kerap terjadi setiap kali musim mudik lebaran adalah kemacetan di sepanjang rute darat, terlebih di Pulau Jawa. Kemacetan tersebut terjadi akibat meningkatnya volume kendaraan, juga beberapa gangguan di rute-rute yang ditempuh. Seperti adanya pasar tumpah, perbaikan jalan, maupun kecelakaan lalu lintas.

Sebagai langkah antisipasi agar tidak terjebak macet, ada baiknya sebelum memulai perjalanan mudik Anda sudah mengetahui dan memilih beberapa jalur alternatif yang bisa ditempuh. Untuk itu bekali diri Anda dengan aplikasi Peta Mudik Metro TV. Bagi pengguna ponsel Android, unduh aplikasi Peta Mudik Metro TV melalui Play Store, dengan begitu Anda bisa mengetahui berbagai rute alternatif lainnya.

Peta Mudik Metro TV dilengkapi beragam fitur, di antaranya rute Mudik jalur yang ada di Pulau Jawa dan Sumatera. Dengan fitur ini, Anda dapat mencari rute mudik lebih mudah tanpa harus membuka peta cetak. Fitur Rute Mudik juga menghadirkan jalur mudik alternatif untuk mempermudah Anda dalam bernavigasi.

Ada juga fitur Peta Interaktif, yang menghadirkan berbagai informasi di peta digital secara interaktif. Informasi yang ditampilkan di antaranya adalah informasi jalur mudik, serta pantauan langsung CCTV dari Dishub dan NTMC. Informasi tersebut tentunya akan membantu Anda untuk selalu dapat memantau kondisi terkini mengenai lalu lintas dan kondisi saat mudik di berbagai daerah.

Kemudian fitur Info Terkini, yang menampilkan berbagai berita dan info mudik dari media sosial. Fitur ini menyuguhkan berbagai info mudik yang diunggah oleh pengguna aplikasi Peta Mudik Metro TV lainnya. Untuk melakukan posting, Anda dapat mengakses fitur Berbagi Info yang ada di aplikasi ini. Anda juga dapat menyematkan foto dan lokasi peta dari info yang akan diunggah.

Tidak kalah pentingnya, dalam aplikasi ini juga terdapat fitur Cari Tempat, merupakan kumpulan informasi lokasi tempat-tempat penting untuk mendukung kegiatan mudik Anda, seperti lokasi SPBU, ATM, masjid, mini market, bengkel, posko mudik, hingga tempat wisata, dan rumah makan. Fitur tersebut juga terintegrasi dengan Google Maps, sehingga Anda dapat melakukan navigasi langsung ke tempat yang dituju.

Selain itu, terdapat fitur Info Penting berisi jadwal imsak dan waktu salat selama satu minggu. Fitur ini juga mencakup berbagai nomor darurat penting seperti nomor telepon polisi, ambulan, pemadam kebakaran, SAR, dan posko bencana.

Untuk memperkaya fitur-fitur di atas, tersedia pula fitur yang akan menampilkan informasi mengenai Isuzu. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mencari berbagai informasi seperti lokasi dealer, dan informasi produk Isuzu di Indonesia.


(UDA)