Tips Knowledge

Waspada Penyebab Pengapuran di Kepala Aki

M. Bagus Rachmanto    •    Rabu, 06 Sep 2017 19:29 WIB
tips knowledge
Waspada Penyebab Pengapuran di Kepala Aki
Pengapuran bikin aki cepat soak. Wikihow

Metrotvnews.com, Jakarta: Aki/baterai berfungsi memberi pasokan sistem kelistrikan di mobil. Selain itu, aki juga bertugas untuk back up alternator jika gagal memenuhi kelebihan beban listrik yang diperlukan kendaraan.

Perawatan aki basah harus lebih ekstra dibanding aki kering. Salah satu hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan aki basah adalah menjaga level air aki agar tidak kering atau mengisi tidak melebihi dari  level yang telah ditentukan.

Pengisian air yang melebihi level yang sudah ditentukan akan membuat kepala aki cepat mengalami pengapuran. Alhasil, kinerja aki menjadi tidak maksimal. Bahkan bisa sampai memperpendek usia aki.

“Isi air aki jangan melebihi dari level atau garis yang ditentukan. Sebab akan membuat penguapan jadi lebih tinggi pada saat aki dalam kondisi panas,” beber Slamet Haryadi, Foreman di Toyota Auto2000 cabang Kalimalang, kepada Metrotvnews.com, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Toh, tidak sulit mengatasi pengapuran di kepala aki. Cukup dengan membersihkannya dengan menggunakan air panas dan sikat gigi. Lalu siram dan sikat bagian yang mengalami pengapuran.

Selain itu, jangan lupa untuk periksa kondisi air aki minimal sepekan sekali untuk menjaga kondisi aki selalu prima. Selamat mencoba...


(UDA)