Tips Knowledge

Touring di Musim Hujan? Begini Cara Paling Aman

M. Bagus Rachmanto    •    Kamis, 21 Dec 2017 09:39 WIB
tips knowledge
Touring di Musim Hujan? Begini Cara Paling Aman
Konvoi sepeda motor harus dengan cara yang aman terlebih di musim hujan. Sporster Indonesia

Jakarta: Touring merupakan salah satu kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan bagi sebagian orang, bahkan di musim penghujan seperti sekarang. Namun ada beberapa hal yang wajib diperhatikan agar touring menjadi lebih aman.

Anggota Jakarta Motorcycle Community, Bara, berbagi sedikit tips persiapan sebelum touring. Dia menyarankan untuk wajib mengetahui kondisi tunggangan saat akan touring. Terlebih pada kondisi jalan basah. Selain mempersiapkan berbagai perlengkapan sebelum berangkat jalan-jalan dengan kuda besi kesayangan.

"Hujan juga bisa jadi masalah saat touring. Perlengkapan pun harus disiapkan agar nyaman saat berkendara. Tapi hal terpenting adalah mengukur kemampuan kendaraan. Termasuk kondisi ban, bobot, pengereman dan lain sebagainya," jelas Bara saat ditemui medcom.id, di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Bara menyebutkan khusus untuk perlengkapan seperti jas hujan, boots, body protector, dan perlengkapan berkendara lainnya harus lengkap. Hal yang jarang diingat adalah rain cover buat tas. Hal ini diperlukan untuk melindungi barang bawaan agar tidak basah terkena hujan.

Dari sisi safety, Bara menyarankan agar memperhatikan kecepatan berkendara di kondisi jalanan basah. Lantaran segala hal bisa saja terjadi pada kondisi jalan tersebut. Apalagi kalau sudah ada pasir atau lumpur, semakin membuat kondisi jalan dan grip ban ke permukaan aspal jadi hilang.

Hal terakhir yang disarankan oleh Bara adalah ruang gerak pengendara. Jangan sampai banyaknya barang bawaan, membuat pengendara kurang lugas bergerak. Lantaran banyak hal yang tak terprediksi saat jalan basah. Jadi pengendara harus lebih awas.

Ditemui beberapa waktu lalu, Bripka Umar Suhartono yang bertugas di Ditlantas Pamwal Polda Metro Jaya, sekaligus anggota pengawalan RI 1 juga membeberkan cara konvoi sepeda motor yang aman.
 
Menurutnya, jika ingin melakukan konvoi disarankan membuat formasi zig-zag, hal ini dimaksudkan apabila terjadi pengereman mendadak akan memberikan jarak aman bagi sepeda motor dibelakangnya.

Selain itu, panjang konvoi disarankan tidak lebih dari 10 sepeda motor, dan jika ingin konvoi lebih dari 10 motor maka harus dilepas setiap 10-15 menit per rombongan. Fungsinya untuk menghindari kemacetan, menghindari kepadatan lalu lintas dan mempermudah koordinasi.


(UDA)